Scientific Atmosphere 2013



Kelompok Ilmiah Hippocrates mempersembahkan:

SCIENTIFIC ATMOSPHERE 6

Dan inilah sedikit latar belakang diadakannya kegiatan SA 6:

Derajat kesehatan masyarakat Indonesia belum sepenuhnya sampai kepada taraf yang optimal. Penyakit menular masih merupakan masalah utama kesehatan masyarakat Indonesia, disamping mulai meningkatnya masalah penyakit metabolik yang berhubungan dengan gaya hidup masyarakat.  Menurut Dinas Kesehatan Provinsi Bali, beberapa penyakit menular yang menjadi masalah utama di Indonesia adalah diare, malaria, demam berdarah dengue, influenza, tifus abdominalis, penyakit saluran pencernaan dan penyakit lainnya. Oleh karena itu pembangunan kesehatan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional, merupakan bagian integral dari pembangunan nasional.

Kemajuan jaman dan teknologi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan kebiasaan dan pola hidup masyarakat. Disamping itu juga terjadi peningkatan urbanisasi, industrilisasi dan perubahan lingkungan yang memberikan pengaruh pada transisi epidemiologi yaitu beban ganda penyakit dengan meningkatnya beberapa penyakit menular dan penyakit tidak menular atau degeneratif, salah satunya adalah penyakit pada saluran pencernaan dan penyakit yang menyerang hati dan kandung empedu.

Data dari Ditjen Bina Yanmedik Depkes RI menyatakan bahwa, penyakit saluran pencernaan menempati urutan ke tiga dari 10 penyakit utama penyebab kematian di rumah sakit di Indonesia dengan jumlah kematian 6.590 dari 225.212 kasus dengan Case Fatality Rate (CFR) 2,93% tahun 2007 dan 6.825 dari 234.536 kasus dengan CFR 2,91% tahun 2008. Salah satu gangguan pada sistem pencernaan yang cukup sering terjadi di Indonesia adalah wabah diare. Pada saat ini diperkirakan terdapat 200-400 kejadian diare diantara 1000 penduduk per tahun. Sebagian besar dari penderita (60-80%) adalah anak usia di bawah 5 tahun dan 1-2% kasus akan jatuh ke dalam dehidrasi. Sebanyak 50-60% penderita ini akan meninggal bila tidak mendapatkan pertolongan. Selain itu, di Negara berkembang, inflamasi pada lambung (gastritis) juga sering ditemukan di klinik dengan Helicobacter Pylori merupakan 90% penyebab gastritis pada orang dewasa dan 30% pada anak. Gastritis akut yang berkembang menjadi kronik merupakan faktor resiko terjadinya displasia epitel mukosa dan karsinoma gaster. Disamping itu penyakit yang insidennya cukup tingggi di Negara Barat adalah Gastroesofageal Reflux Disease (GERD). Di Amerika dilaporkan bahwa 1 dari 5 orang dewasa mengalami gejala reflux sekali dalam seminggu dan sekitar 40% mengalaminya sekali dalam sebulan. GERD ini jika dibiarkan dapat berkembang menjadi barret esofagus dan kemudian nantinya sampai kepada kanker esofagus (adenoma esofagus).
          Berdasarkan laporan penderita penyakit dalam yang dirawat di beberapa rumah sakit sentral pendidikan, penyakit hati di Indonesia masih tergolong tinggi. Penyakit hati menempati urutan ketiga setelah penyakit infeksi dan paru. Bila ditinjau pola penyakit hati yang dirawat, penyakit yang umum terjadi adalah hepatitis virus akut, sirosis hati, Hepato Cellular Carsinoma (HCC), dan abses hati. Hepatitis virus akut merupakan urutan pertama dari berbagai penyakit hati diseluruh dunia dan merupakan penyebab 1-2 juta kematian setiap tahunnya. Di Indonesia, prevalensi hepatitis A merupakan yang terbanyak yaitu 39,8%-68,3%, hepatitis C 15,5%-46,4% sedangkan hepatitis B pada urutan ketiga 6,4%-25,9%. Sepuluh persen dari hepatitis virus dapat menyebabkan sirisos hati yang merupakan 10 besar penyebab kematian di Negara Barat. Wilayah dengan prevalensi tinggi hepatitis virus seperti Asis Timur, Asia Tenggara serta Afrika Tengah juga memiliki 80% kasus HCC. HCC meliputi 5,6% dari seluruh kasus kanker pada manusia dan merupakan urutan ketiga kanker tersering di dunia setelah kanker kolorektal dan kanker lambung serta memiliki tingkat kematian tertinggi kedua setelah kanker pancreas.

Oleh karena data dan realita tersebut, Kelompok Ilmiah Hippocrates Fakultas Kedokteran Universitas Udayana merasa penting untuk mengambil tema yang berhubungan dengan sistem Alimentary dan Hepatobiliary melalui kompetisi ilmiah tingkat nasional Scientific Atmosphere 6 untuk mengembangkan peranan generasi muda dalam pengembangan ilmu kedokteran di Indonesia. Konsep kegiatan ini diselenggarakan untuk membangkitkan antusiasme siswa dan mahasiswa dalam dunia keilmiahan/ ilmu pengetahuan, khususnya dalam berpikir kritis, kreatif dan inovatif. Melalui rangkaian kegiatan Scientific Atmosphere 6 diharapkan mampu melahirkan pemikir-pemikir muda yang berdedikasi serta berkompeten dalam menghasilkan karya yang aplikatif dalam bidang kesehatan di Indonesia dan di daerah masing-masing pada khususnya.

Adapun tema yang diangkat dalam Scientific Atmosphere 6 kali ini adalah:

“Managing Alimentary and Hepatobiliary Disorder : From Latest Evidence to Clinical Practice”

I.     

III.        Apa saja sih kegiatan dalam Scientific Atmosphere 6 ini?

Scientific Atmosphere 6 merupakan suatu rangkaian kegiatan ilmiah yang terdiri dari:
1.    Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional
2.    Lomba Karya Tulis Siswa SMA Tingkat Nasional
3.    Lomba Essay Tingkat Nasional
4.    Lomba Poster Ilmiah Tingkat Nasional
5.    Lomba Laporan Penelitian Tingkat Nasional
6.    Lomba Debat Siswa SMA Tingkat Nasional
7.    Seminar Internasional
8.    Tour Wisata

Lalu, kapan nih pelaksanaannya?
SA 6 akan dilaksanakan pada:
Waktu           : 26 Februari – 3 Maret 2013
Tempat         : Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Nah, tunggu apa lagi, just prepare and get yourselves to the chance of winning in 2013!! :D


Sekretariat panitia :
Ruang Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)
Fakultas Kedokteran Universitas Udayana
Jalan P.B. Sudirman, Denpasar-Bali 80232
Telp : (0361) 222510; Fax : (0361) 246656
E-mail : scientificatmosphere@gmail.com

Alamat pengiriman surat atau dokumen :
BEM Fakultas Kedokteran UNUD
a.n. Benediktus Bosman Ariesta Gst Putu
Kesekretariatan Scientific Atmosphere 6
Jalan P.B. Sudirman, Denpasar-Bali 80232 



0 komentar:

 

Presented by

Theme by Lasantha | Edited by AW