Tuesday, October 2, 2012

Menyambut Euphoria PIMNAS 2013


Denpasar (2/10/2012) - PIMNAS atau pekan ilmiah mahasiswa merupakan sebuah ajang bergengsi tahunan yang diadakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI). PIMNAS kali ini telah memasuki tahun ke-26 dan Universitas Lambung Mangkurat (UNLAM) sudah dipilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan ajang ini di tahun 2013. Unlam terpilih menjadi tuan rumah dalam  Sarasehan Pimpinan Perguruan Tinggi bidang Kemahasiswaan di Ballroom Asri Medical Center (AMC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) 

Pihak DIKTI telah menyelenggarakan sosialisasi ke berbagai universitas yang ada di Indonesia. Sosialisasi lebih membahas tentang perubahan pedoman penulisan program kreativitas mahasiswa (PKM) yang digunakan tahun ini. Ada beberapa perubahan terjadi tahun ini, yang cukup krusial adalah tentang bertambahnya dana hibah yang diberikan dari awalnya 10 juta menjadi 12.5 juta serta keikutsertaan mahasiswa dimana tahun ini seorang mahasiswa hanya boleh masuk dalam satu usulan proposal yang disetujui untuk didanai. Perubahan format penulisan juga mengalami sedikit perubahan.

Perlu diketahui bahwa untuk masuk menjadi peserta PIMNAS mebutuhkan proses yang cukup panjang. Berawal dari penulisan PKM, kemudian persetujuan usulan dan pemberian hibah, pelaksanaan PKM, dan dilanjutkan dengan penjurian. Dari hasil penjurian dipilih beberapa program yang akan diperlombakan dalam ajang PIMNAS. 

Yang menarik bahwa setiap tahunnya seluruh universitas negeri dan swasta di Indonesia berlomba-lomba untuk mengikuti ajang ini dan menjadi pemenang di ajang ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi institusi bersangkutan. Berbagai kebijakan dikeluarkan oleh masing-masing universitas untuk menumbuhkan minat mahasiswa untuk mengikuti acara ini seperti mengadakan pelatihan sampai menjadikan PKM menjadi syarat administratif pencarian beasiswa. Tetapi diluar itu kebanggan, PIMNAS diharapkan untuk menjadi ajang untuk menumbuhkan ide kreatif yang di miliki oleh mahasiswa Indonesia melalui 7 jenis PKM yang diperlombakan.

Jadi kalian yang tertarik mengikuti PIMNAS dan mengharumkan nama institusi kalian silahkan unduh pedomannya di sini atau kunjungi web resmi dikti. Kita tunggu siapa yang akan menjadi juara umum PIMNAS tahun 2013

Let’s join in PIMNAS 2013
Arya

0 komentar:

 

Presented by

Theme by Lasantha | Edited by AW