Saturday, July 14, 2012

Mengenal Sitasi II: Harvard Style


Beberapa waktu yang lalu kita sudah membicarakan tentang apa dan bagaimana itu sistem vancouver dan saat ini saya akan sedikit menjelaskan apa yang dimaksud dengan sistem harvard. Sistem Harvard merupakan sistem yang berdasarkan penulis-tanggal (author date style), dimana kutipan dengan sistem ini terlihat sangat khas dalam teks berupa “(Arya, 2012)”. Dalam bidang ilmu sosial, sistem ini kelihatan lebih populer daripada sistem Vancuver.

Menulis Daftar Pustaka
Daftar pustaka dalam sistem Harvard disusun berdasarkan urutan abjad dari nama pengarang yang telah di balik. Dalam bagian ini, penulisan sistem Harvard akan langsung dijelaskan berdasarkan tipe atau jenis media yang akan dikutip. Bagian penjelasan lebih lanjut dapat dilihat dibawahnya.

Mereferensikan Buku

Dari model diatas dapat kita lihat beberapa ketentuan berikut:
Pengarang/pemilik
·      Nama pengarang dibalik, nama belakang/terakhir/famili ditaruh di depan, sedangkan nama sisanya dijadikan dalam bentuk inisial maksimal 2 abjad.
·      Antara nama dan inisial dipisahkan oleh koma dan spasi.
·  Setiap inisial diakhiri sebuah titik (Kharisma, P.R., Juanda, A.B.). Ini sedikit berbeda dengan sistem Vancouver dimana inisial tidak diakhiri dengan titik.
·      Gunakan koma untuk mengakhiri informasi pengarang atau pemilik.

Judul buku
·      Gunakan huruf kapital pada awal judul buku saja. Selebihnya ketentuan penulisan judul buku mirip dengan sistem Vancouver.
·  Sedikit berbeda dengan penulisan Vancouver, judul buku pada sistem Harvard harus menggunakan italic atau huruf yang dimiringkan.
·      Akhiri judul buku dengan menggunakan titik.
·      Sistem edisi mirip dengan sistem Vancouver.
Tempat terbit dan penerbit
Penulisan ini kurang lebih sama dengan sistem Vancouver

Mereferensikan sebuah kontribusi yang terdapat dalam buku
Terkadang buku merupakan suatu bentuk kumpulan dari banyak tulisan atau kontribusi dari masing-masing penulis yang berbeda. Biasanya buku ini diedit oleh seorang editor, yang dengan demikian keduanya harus dicantumkan.


Mereferensikan entri sebuah ensiklopedia atau kamus
Terkadang kita juga menggunakan ensiklopedia dan kamus untuk menentukan arti atau makna suatu kata. Jika menggunakannya dalam membuat tulisan, ketentuan merujuk entri ensiklopedia atau kamus adalah:

Penerbit/nama pemilik, tahun terbit. Judul entri atau kontribusi. In: Judul ensiklopedia atau kamus. Edisi (jika bukan yang pertama). Tipe media (jika bukan versi cetak). Tempat terbit: Penerbit.


Mereferensikan artikel dalam sebuah jurnal
Mereferensikan sebuah electronic book (e-book) dan halaman web

Dalam mereferensikan sebuah e-book, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu:
·           Jika kita tahu, yakin, atau ada pemberitahuan bahwa buku versi elektronik dan versi cetak adalah sama, maka kita dapat membuat sitasi Harvard berdasarkan versi cetaknya.
·         Namun apabila kita ragu atau untuk menghindari ketidaktahuan bahwa versi cetak berbeda dengan versi elektronik, cantumkan sumber onlinenya berupa alamat URL dan tanggal aksesnya. Alamat URL pada e-book cukup cantumkan alamat ‘inti’ saja, sedangkan pada halaman web cantumkan secara lengkap.

Bentuk sitasi Harvard dalam teks
Cukup banyak ketentuan yang harus diketahui ketika menulis rujukan pustaka dalam teks. Namun berikut adalah poin-poin yang perlu diperhatikan dengan seksama.
1.      Jika nama penulis memang dimunculkan dalam suatu kalimat, maka tahun terbit ditaruh di dalam kurung. Jika nama penulis tidak dimunculkan dalam kalimat, maka nama penulis dan tahun sama-sama berada dalam kurung.

2.    Jika penulis menerbitkan lebih dari satu karya atau tulisan dalam tahun yang sama, bedakan antara tulisan satu dengan lainnya dengan menggunakan huruf kecil (a, b, c, dst.) setelah tahun. Dalam daftar pustaka juga harus sama demikian.


3.      Jika kalimat yang dikutip ingin dirujuk ke banyak sumber, maka sitasinya dapat diurutkan sesuai kronologi tahunnya atau sesuai dengan kuat relevansinya.
4.      Jika ada 2 pemilik dari suatu karya, maka kedua nama tersebut ditulis. Jika lebih dari itu, gunakan et al. Jika tidak ada nama pengarang atau pemiliknya, gunakan “Anon.”







Jadi apakah sekarang kalian sudah bisa membedakan sistem harvard dan vancouver? 

Mari menyitasi,


Bosman







1 komentar:

 

Presented by

Theme by Lasantha | Edited by AW