Tuesday, November 29, 2011

Travel Medicine

SCIENTIFIC ATMOSPHERE 2012
Apa itu Travel Medicine?

Travel medicine merupakan salah ilmu baru yang sedang dikembangkan di Indonesia. Travel medicine merupakan sektor yang sangat penting untuk dikembangkan di era globalisasi khususnya di negara-negara yang memiliki mobilisasi penduduk yang sangat tinggi seperti Indonesia dan merupakan negara yang menggunakan parwisata sebagai sebuah aset ekonomi. Kesehatan pariwisata (travel medicine) adalah cabang dari bidang kesehatan yang berfokus pencegahan dan manajemen kesehatan para pelaku perjalanan/wisatawan. 


Indonesia merupakan salah satu negara tujuan wisata dunia. Para wisatawan datang ke sini dengan berbagai motif baik hanya untuk mengunjungi kerabat, berlibur, ataupun berbisnis. Begitu pula sebaliknya, banyak warga Indonesia yang pergi ke daerah lainnya dengan alasan tertentu. 


Isu yang sering berkembang saat ini adalah wisata ke mancanegara dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan, tergantung dari baik ciri wisatawan maupun tipe perjalanannya. Berbagai macam risiko bisa dialami oleh wisatawan selama perjalannya. Penyakit yang berhubungan dengan wilderness medicine misalkan penyakit karena ketinggian dimana wisatawan mungkin terpapar secara tiba-tiba dengan perubahan ketinggian, kelembaban, suhu, dan miikroba, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Wilderness medicine lainnya misalnya masalah saat menyelam,  ekspedisi, dan kegiatan lainnya. Selain itu sering terjadi berbagai penyakit seperti infeksi seperti malaria, diare, dan infeksi lainnya yang sering terjadi di daerah dimana mutu akomodasinya buruk dalam hal kualitas, kebersihan dan sanitasi, layanan medis yang kurang memadai, dan kurangnya penyediaan air bersih. Kasus kegawatdaruratan medis dan kecelakaan juga cukup sering menimpa wisatawan. Hal-hal inilah yang sangat sering mengurangi kualitas perjalanan/wisata seseorang.


Oleh karena itu, agar bisa memberikan kenyamanan dan keamanan bagi mereka yang melakukan perjalanan khususnya perjalanan antar negara maka perlu dikembangkan usaha-usaha di bidang travel medicine. Pengembangannya sendiri perlu dilakukan secara holistik untuk menjawab seluruh permasalahan masyarakat , khususnya yang dialami para pelaku perjalanan. 


Travel Medicine: The First Step to Create a Safe and Healthy Travelling

0 komentar:

 

Presented by

Theme by Lasantha | Edited by AW